loading...

Adab Dan Batasan Pria Melihat Calon Istri Oleh Pahala-Online - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Adab Dan Batasan Pria Melihat Calon Istri Oleh Pahala-Online, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adab dalam Islam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Adab Dan Batasan Pria Melihat Calon Istri Oleh Pahala-Online
link : Adab Dan Batasan Pria Melihat Calon Istri Oleh Pahala-Online

Baca juga


Adab Dan Batasan Pria Melihat Calon Istri Oleh Pahala-Online

Pacaran. Itulah yang sangat lumrah sekali dikalangan masyarakat kita saat seorang laki-laki dan perempuan memadu kasih sebelum menikah. Biasanya pacaran hanya sebatas perkenalan lebih dalam wacana kepribadian masing-masing, sehingga kalo memang sudah merasa cocok akan melanjutkan pernikahan.

Nah, bagi seorang muslim yang hendak menentukan pasangan hidup, ada beberapa moral dan batasan yang perlu diperhatikan saat seorang lelaki melaksanakan nadzar dengan perempuan yang ia lamar. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :
  1. Pihak laki-laki harus benar-benar serius dan mempunyai keinginan untuk menikahinya.
    Berdasarkan hadis dari sahabat Abu Humaid Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
    “Apabila kalian melamar seorang wanita, tidak ada dosa baginya untuk me-nadzar-nya, bila tujuan ia melihatnya hanya untuk dipinang. Meskipun perempuan itu tidak tahu,”(HR. Ahmad 23603, At-Thabrani dalam Al-Ausath 911 dan sanadnya dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
  2. Ada peluang untuk menikahinya
    Seperti, memungkinkan untuk diizinkan walinya, atau memungkinkkan untuk diterima pihak wanita. Jika kemungkinan besar niscaya ditolak, baik oleh pihak wali atau perempuan yang dinadzar maka tidak boleh tetap nekad untuk nadzar.

    Ibnul Qatthan Al-Fasi dalam Ahkam An-Nadzar mengatakan,
    “Jika lelaki yang hendak meminang perempuan mengetahui bahwa pihak perempuan tidak akan bersedia nikah dengannya, atau pihak wali tidak akan mengabulkan pinanganya, maka tidak boleh ia melaksanakan nadzar. Meskipun ia sudah memberikan lamarannya. Karena dibolehkannya nadzar, hanya lantaran menjadi alasannya untuk menikah. Jika ia yakin bahwa ia niscaya ditolak, maka kembali pada aturan asal melihat wanita, yaitu dilarang,” (An-Nadzar fi Ahkam An-Nadzar, hal. 391).
  3. Tidak boleh ada sentuhan anggota tubuh sedikitpun
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Sesungguhnya Allah menetapkan jatah dosa zina untuk setiap manusia. Dia akan mendapatkannya dan tidak sanggup dihindari: Zina mata dengan melihat, zina ekspresi dengan ucapan, zina hati dengan membayangkan dan gejolak syahwat, sedangkan kemaluan membenarkan semua itu atau mendustakannya,” (HR. Bukhari 6243).

    Az-Zaila’I mengatakan,
    “Tidak boleh menyentuh wajahnya, telapak tangannya – meskipun kondusif dari gejolak syahwat – lantaran adanya larangan dan tidak ada alasan dharurat,” (Tabyin al-Haqaiq, 16/361).
  4. Tidak boleh berduaan, harus ada pihak keluarga yang menemaninya, terutama keluarga pihak wanita
    dari Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Jangan hingga seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan. Jika terjadi makhluk ketiganya yakni setan,” (HR. Ahmad 177, Turmudzi 2165, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
    Ibnu Qudamah mengatakan,
    “Lelaki yang melamar, tidak boleh berduaan dengan perempuan yang dilamarnya, lantaran ini haram. Dan tidak ada dalil yang menyebutkan pengecualian larangan ini, ‘kecuali nadzar’. Sehingga kembali kepada aturan diharamkan,” (al-Mughni, 7/453).
  5. Tidak boleh sambil menikmati apa yang dilihat
    Melihat dengan cara penuh menikmati (taladzudz) termasuk diantara bentuk zina mata. Nadzar disyariatkan untuk mewujudkan sunah, dan bukan untuk menikmati keindahan parasnya. Sehingga bila sudah cukup menciptakan pihak lelaki tertarik untuk menikahinya, itu sudah cukup baginya.

    Imam Ahmad pernah mengatakan,
    “Dia melihat ke wajahnya, namun tidak boleh dengan cara menikmati. Dia boleh melihat berulang-ulang, dan menimbang kecantikannya. Karena tujuan saling menyayangi hanya sanggup diwujudkan dengan cara itu.”
  6. Dibolehkan untuk melaksanakan komunikasi, berbicara pribadi dengannya, selama tidak berduaan
    Imam Ibnu Baz mengatakan,
    “Boleh bagi lelaki yang hendak melamar perempuan untuk berbincang-bincang dengannya dan melihatnya tanpa berduaan… bila pembicaraan dilakukan untuk membahas terkait pernikahan, daerah tinggal, atau latar belakang keluarga, sehingga kita tahu apakah ia tahu wacana itu, ini dibolehkan. Jika ia hendak menikahinya,” (Majmu’ Fatawa, 20/429).
  7. Boleh untuk melihat berkali-kali ke arah calon pasangan
    Dalam Ensiklopedi Fiqh dinyatakan,
    “Boleh mengulang-ulang melihat perempuan yang dilamar, bila dibutuhkan, sehingga semakin terang semua kondisinya. Agar tidak menyesal sesudah nikah. Karena tujuan itu umumnya tidak terwujud di awal nadzar,” (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah, 22/17).

Itulah beberapa moral dan batasan yang sanggup kita lakukan khususnya untuk seorang laki-laki yang hendak melamar calon pasangan. Semoga kita semua mendapat jodoh yang sesuai impian dan sanggup membina keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Amin.
Demikian yang sanggup kami share pada kesempatan yang baik ini. Semoga apa-apa yang sudah kami publikasikan di Kumpulan Doa Islami ini sanggup bermanfaat bagi teman-teman semua. Amin.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.