loading...

3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajjud - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajjud, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Islami, Artikel Sholat Sunah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : 3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajjud
link : 3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajjud

Baca juga


3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajjud

Kumpulan Doa Islami - Sholat tahajud memang perlu diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, lantaran aneka macam Fadhillah dan Keutamaan Sholat Tahajjud. Lantas, Adakah waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud?.

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan dalam Al-quran dan Sunnah, menawarkan bahwa ada beberapa waktu yang terbaik untuk sholat tahajud. Di malam hari sesudah tidur dan bangkit kembali dari daerah tidur merupakan tanda mulainya atau mengerjakan sholat tahajud. Bahkan dari waktu-waktu malam tersebut, ada  jam-jam tertentu yang paling utama untuk menjalankan sholat tahajud ini. Sehingga selain kita melakukan shalat tahajud dengan istiqomah, penuh keikhlasan, serta ke-khusyu’an, alangkah baiknya jikalau kita menentukan waktu yang lebih utama dalam menjalankan ibadah sunnah tersebut.

Allah SWT berfirman:
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya :
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kau sebagai suatu ibadah pemanis bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kau ke daerah yang Terpuji". (QS. Al-Israa' : 79)

Berikut yakni beberapa runtutan waktu-waktu pilihan terbaik yang bisa kita terapkan untuk menjalankan sholat tahajud.

Sholat Tahajjud di Sepertiga Malam Yang Pertama

Sholat tahajud bisa dikerjakan pada waktu sepertiga malam yang pertama, dan waktu tersebut juga termasuk salah satu waktu yang utama, yakni sesudah sholat Isya’ hingga pukul 10.00 malam, dan harus tidur terlebih dahulu walaupun sejenak. Sehingga pada waktu-waktu tersebut, kita bisa menjalankan sholat tahajud sedikitnya dua rakaat. Untuk batasan mengenai banyaknya rakaat menjalankan sholat tahajud juga tidak terbatas. Dan lebih baik dalam menjalankan sholat tahajud, hendaknya dibarengi dengan ke-istiqomahan. Agar semua fadhilah yang terdapat di dalamnya bisa kita raih, dan mengakibatkan hidup bisa lebih berkah di dunia dan akhirat.


Sholat Tahajjud di Sepertiga Malam Yang Kedua

Yang lebih utama lagi yakni menjalankan sholat tahajud pada sepertiga malam yang kedua, Yaitu antara pukul 10.00 malam hingga 01.00 dini hari. Di mana sholat tahajud di waktu tersebut dengan terlebih dahulu tidur sejenak, memang sudah sepatutnya kita terapkan.  Dan biasanya bagi kebanyakan orang memang sedikit terasa kesulitan untuk bangkit di jam-jam tersebut. Namun menghiasi waktu-waktu tersebut dengan ibadah sholat malam, maka banyak fadhilah dan keistimewaan besar yang akan didapatkan.

Sholat Tahajjud di Sepertiga Malam Yang Terakhir

Menjalankan sholat sunnah tahajud pada sepertiga malam yang terakhir memang merupakan waktu yang paling utama. Yang mana waktu tersebut terletak antara jam 01.00  dini hari hingga dengan sebelum masuk waktu subuh. Oleh lantaran itu waktu sepertiga malam yang terakhir itulah, yang mana biasa disebut-sebut dalam Al-quran dan Sunnah  sebagai waktu paling afdhal untuk mengerjakan ibadah sunnah di malam hari. Terlebih lagi dalam menjalankan sholat tahajud.

Hal demikian memang menurut hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam muslim. Yang mana di dalam hadits tersebut menjelaskan :

“Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata, “ Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga niscaya Aku berikan apa yang ia minta?, Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga niscaya Aku kabulkan doanya?, Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya? ”.

Oleh lantaran itu, Waktu sepertiga malam inilah yang menjadi waktu-waktu terbaik dan paling utama untuk mengerjakan ibadah sunnah sholat tahajud. Sehingga dengan cara menentukan waktu yang paling utama ini, biar seluruh fadhilah yang terdapat di dalamnya bisa untuk diraih dan mengakibatkan kualitas hidup lebih baik.



Selain itu, menghiasi malam dengan sholat tahajud, akan bisa menghantarkan diri untuk selalu mendekat kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta alam semesta. Bahkan dengan menjalankan sholat tahajud ini juga dipenuhi dengan bermacam-macam fadhilah yang cukup luar biasa. Di mana dengan menerapkan ibadah Sunah Mu’akkad yang satu ini, tidak sedikit pula orang yang sudah menggapai keistimewaan yang terdapat di dalamnya.

Misalnya diberikan oleh Allah sebuah jalan yang terang di dunia maupun di akhirat, Termasuk menjadi golongan orang-orang sholeh yang senantiasa dibersihkan jiwa mereka dari hal-hal buruk. Selain itu juga menjadi golongan yang selalu menerima rahmat dan hidayah dari Sang Ilahi, dan masih aneka macam fadhilah yang akan didapatkan.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa terbangun di tengah malam untuk mengamalkan ibadah sunnah sholat tahajjud. Amin.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.