loading...

Khutbah Jumat Wacana Puasa Di Bulan Ramadhan - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Khutbah Jumat Wacana Puasa Di Bulan Ramadhan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khutbah Jum'at, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Khutbah Jumat Wacana Puasa Di Bulan Ramadhan
link : Khutbah Jumat Wacana Puasa Di Bulan Ramadhan

Baca juga


Khutbah Jumat Wacana Puasa Di Bulan Ramadhan

 Khutbah Jum'at Singkat wacana Puasa di Bulan Suci Ramadhan berikut ini :

 Semoga kita semua sanggup menjumpai kembali  Khutbah Jum'at wacana Puasa di Bulan Ramadhan
Ilustrasi: Khutbah Jum'at Puasa Ramadhan

Khutbah Jum'at (Pertama) wacana Puasa Ramadhan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ وَفَّقَ عِبَادَهُ الْمُؤْمِنِيْنَ لِتِلاَوَةِ كِتَابِهِ لْكَرِيْمِ، وَفَتَحَ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقَائِقِ الْمَعَارِفِ وَلَطَائِفِ الْعُلُوْمِ مَاهَدَاهُمْ بِهِ إِلَى صِرَاطَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَخَصَّهُمْ مِنْ مَوَاهِبِ بِرِّهِ وَإِحْسَانِهِ بِأَسنَى فَضْلِهِ الْعَمِيْمِ وَمِنْ عَلِيِّ مَنْ شَاءَ بِالصِّدْقِ فِى مُعَامَلَةِ، وَاللهُ ذُوالْفَضْلِ الْعَظِيْمِ، أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى مَاأَوْلاَهُ مِنَ التَّعْلِيْمِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لِهُ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ النَّبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخُلِيْلُهُ النَّبِيُّ الْكَرِيْمِ. اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ عَلَى الدِّيْنِ الْقَوِيْمِ وَسَلِّمْ بَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

Pujian serta sanjungan hanya bagi Allah yang telah memperkenankan hamba-Nya membaca kitab-Nya yang mulia, dan membukakan untuk mereka hakikat-hakikat ilmu pengetahuan dan intisari ilmu yang sanggup menuntun ke Shiratul Mustaqim. Dan mengistimewakannya dengan pertolongan kebaikan dan keutamaan-Nya. dan dari keluhuran orang yang dikehendaki-Nya berlaku jujur dalam mu'amalah. Dan Allah memiliki keutamaan yang besar. Saya panjatkan puji kepada Allah Yang Maha Suci, yang telah mengutamakan insan dengan apendidikan-Nya.

Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa tanpa sekutu lagi Maha Mulia dan Bijaksana. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad yaitu Rasul Allah. Ya Allah, berikanlah shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya.

Para jama'ah yang berbahagia. Saya serukan kepada Anda semua, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Segeralah menuju ampunan dan ridha-Nya. Jauhkanlah hal-hal yang mendatangkan kemurkaan-Nya, alasannya yaitu seseorang itu disebut mukmin manakala ia takut kepada Allah dan takwa kepada-Nya.

Wahai hamba-hamba Allah, kau kini sedang berada di bulan mulia, bulan besar dimana para wali Allah mencari kebaikan. Mereka sedang berusaha memperoleh kebebeasan dari azab neraka jahim. Pada bulan ini, pintu-pintu nirwana akan dibuka lebar-lebar, doa-doa dikabulkan dan fadhilah disebarkan.

Pada bulan ini, bulan suci ramadhan disingkirkan semua keburukan dan dilipatgandakan kebaikan. Ditidurkan segala bentuk keburukan dan kesengsaraan, sebaliknya diwajibkan aksesori kebahagiaan dan kemuliaan.

Oleh alasannya yaitu itu, agungkanlan bulan suci ramadhan dengan bacaan Al-Qur'an, takbir, rukuk, sujud, tahlil, tasbis dan tahmid. Perbanyaklah sedekar pada bulan Ramadhan, berbuat sepakat kepada fakir miskin dan anak yatim. Jauhilah perbuatan maksiat dan perkataan jelek yang sanggup membatalkan amal. Dalam sebuah hadist diterangkan :
Barang siapa tidak sanggup meninggalkan perkataan bohong dalam mengerjakan puasa, maka Allah tidak memerlukan orang semacam itu meninggalkan makan dan minum.

Hadist lain menunjukan :
Banyak orang berpuasa yang hanya mendapat lapar dan dahaga, dan berapa banyak pula orang yang melaksanakan shalat Al-Lail hanya memperoleh keletihan belaka

Allah SWT berfirman :
سَابِوْآ اِلى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعْرَضِ السَّمَآءِ وَاْلاَرْضِ اُعِدَّتْ ِللَّذِيْنَ امَنُوْا بِاللهِ وَرَسُلِه ذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَآءُ وَاللهُ ذُوالفَضْلِ الْعَظِيْمِ
Artinya :
Berlomba-lombalah kau kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah memiliki karunia yang besar. (QS Al-Hadid : 21)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَلذِّكْرْ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ الْجَلِيْلَ، لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Lanjutkan dengan : Khutbah Kedua Sholat Jum'at 



Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.