loading...

Rukun Taubat Dan Niat Mandi Taubat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rukun Taubat Dan Niat Mandi Taubat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kumpulan Niat, Artikel Niat Mandi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Rukun Taubat Dan Niat Mandi Taubat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya
link : Rukun Taubat Dan Niat Mandi Taubat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Baca juga


Rukun Taubat Dan Niat Mandi Taubat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Kumpulan Doa Islami - Ya Allah, ampunilah segala dosa-dosa kami baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Mungkin itulah salah satu doa yang sering kita ucapkan. Ya kita sering sekali memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan. Tetapi tahukah teman-teman? cara bertaubat kata Nabi "Kalau ada orang berdosa yang paling manis ialah mandi taubat"

Mandi taubat sama halnya mandi wajib yaitu dengan membasahi sekujur badan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Hanya saja niatnya berbeda.

Sebelum lebih lanjut membahas wacana mandi taubat, terlebih dahulu kita mengenal rukun-rukun taubat. Menurut pendapat Abdullah bin Abbas, rukun taubat ada 3 (tiga), diantaranya ialah :

  • Menyesal dalam Hati
    Menyesal dalam hati kita yang paling dalam, terhadap apa yang sudah kita lakukan (misalnya maksiat). Hati kita benar-benar meratapi terhadap maksiat yang sudah kita lakukan dan tidak akan mengulangi lagi. Intinya penyesalan dalam hati dan hati kita menyadari bahwa maksiat yang kita lakukan ialah dosa.
  • Dinyatakan dengan Lidah (Mengucapkan Istighfar / Sayyidul Istighfar)
    Setelah hati kita meratapi perbuatan maksiat yang telah kita lakukan, kita juga harus menyatakan atau mengucapkan dengan pengecap kita, yaitu dengan mengucapkan istighfar
    أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ
    atau
    أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
    atau dengan lafadz Sayyidul Istighfar
    اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ
    Artinya :Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah membuat aku, dan akulah hamba-Mu. Dan saya pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin saya lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah saya lakukan, saya mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan saya mengakui dosaku, lantaran itu berilah ampunan kepadaku, lantaran tiada yg sanggup memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon dukungan Engkau dari segala kejahatan yg telah saya lakukan."
  • Bertekad Kuat Tidak Akan Mengulangi
    Setelah meratapi dalam hati dan membaca istighfar, kita harus bertekad berpengaruh untuk diri kita, hati kita bahwa tidak akan mengulangi perbuatan maksiat lagi. Biasanya orang yang benar-benar bertekat berpengaruh ini tidak akan mempan ketika di ajak teman-temannya untuk mengulangi perbuatannya lagi.
Itulah rukun taubat yang kami sadur dari ceramah ustadz abdul shomad yang patut kita amalkan. Adapun untuk mandi taubat yaitu mandi menyerupai mandi wajib yakni membasahi sekujur badan kita dari ujung kepala sampai ujung kaki tanpa terlewatkan.

Adapun untuk Niat mandi taubat ialah sebagai berikut menyerupai dikutip dari laman nurmuhammadcahayaislam.blogspot.com
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَتِ عَنْ جَمِعِ الذُّنُوْبِ لِلَّهِ تعَلَ
Artinya :
Sengaja saya niat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin, lantaran Allah Ta'ala
Pelajari juga: Tata Cara Sholat Taubat Lengkap - Taubatan Nasuha

Video Rukun Taubat dan Niat Mandi Taubat
Bagi temen-temen yang lebih suka menghafal doa-doa dengan cara mendengarkan, silakan simak video berikut ini. semoga sanggup mempermudah temen-teman khususnya yang masih galau dalam membaca bahasa arab.



Itulah rukun taubat dan niat mandi taubat yang patut kita amalkan, lantaran sebagai insan biasa kita niscaya tidak luput dari yang namanya dosa, dosa dan dosa. Maka dengan membaca istighfar atua sayyidul istighfar setiap dikala serta mandi taubat semoga bertahap dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Kita juga dianjurkan untuk melaksanakan Shoat Sunah Taubat supaya supaya taubat kita benar-benar taubatan nasuha.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.