loading...

Bacaan Surat Dalam Shalat Tarawih 20 Rakaat Lengkap - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bacaan Surat Dalam Shalat Tarawih 20 Rakaat Lengkap, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bacaan dalam Sholat, Artikel Puasa Sunah, Artikel Surat Al-Qur'an, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Bacaan Surat Dalam Shalat Tarawih 20 Rakaat Lengkap
link : Bacaan Surat Dalam Shalat Tarawih 20 Rakaat Lengkap

Baca juga


Bacaan Surat Dalam Shalat Tarawih 20 Rakaat Lengkap

Kumpulan Doa Islami - Pada dasarnya, tidak ada riwayat mengenai bacaan surat-surat tertentu dalam shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Tetapi dalam prakteknya, shalat tarawih di masyarakat NU (seperti dikampung saya) ada urutan surat-surat yang dibaca ketika sahalat tarawih. Sehingga kita dapat mengetahui jikalau imam sudah membaca Surat Al-Lahab (khususnya shalat tarawih 20 raka'at), maka menerangkan shalat tarawih sudah di raka'at terakhir, yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat Witir.

Namun ketika shalat tarawih dianjurkan untuk membaca bacaan surat yang tidak hingga menciptakan jama’ah bubar meninggalkan shalat. Seandainya jama’ah bahagia dengan bacaan surat yang panjang-panjang, maka itu lebih baik. Adapun untuk urutan surat shalat tarawih yang dibaca oleh imam sebagaimana yang sudah memasyarakat di kalangan kita (khususnya kalangan NU) ialah sebagai berikut :

 Sehingga kita dapat mengetahui jikalau imam sudah membaca Surat Al Bacaan Surat dalam Shalat Tarawih 20 Raka'at Lengkap
Ilustrasi : Shalat Tarawih Berjama'ah

Urutan Surat dalam Shalat Tarawih 20 Raka'at
  1. Surat At-Takaatsur
  2. Surat Al-Ashr
  3. Surat Al-Humazah
  4. Surat Al-Fiil
  5. Surat Quraisy
  6. Surat Al-Ma'uun
  7. Surat Al-Kautsar
  8. Surat Al-Kaafiruun
  9. Surat An-Nashr
  10. Surat Al-Lahab

Itulah bacaan urutan surat Al-Qur'an ketika shalat tarawih (20 raka'at). Seperti diketahui, Shalat Tarawih ada yang 20 Raka'at ada juga yang 8 Raka'at kemudian ditambah 3 Raka'at terakhir dengan Shalat Witir, sehingga ada yang menyebutnya shalat tarawih 23 raka'at dan sahalat tarawih 11 raka'at.

Dalam kitab "Shalat al-Tarawih fi Masjid al-Haram" bahwa shalat Tarawih di Masjidil Haram semenjak masa Rasulullah, Abu Bakar, Umar, Usman, dan seterusnya hingga kini selalu dilakukan 20 rakaat dan 3 rakaat Witir.

Warga Nahdiyyin yang menentukan Tarawih 20 rakaat ini berdasar pada beberapa dalil. Dalam Fiqh as-Sunnah Juz II, hlm 54 disebutkan bahwa lebih banyak didominasi pakar aturan Islam setuju dengan riwayat yang menyatakan bahwa kaum muslimin mengerjakan shalat pada zaman Umar, Utsman dan Ali sebanyak 20 rakaat.

Sahabat Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW shalat Tarawih di bulan Ramadhan sendirian sebanyak 20 Rakaat ditambah Witir. (HR Baihaqi dan Thabrani).

Adapun untuk bacaan suratnya menyerupai yang sudah kami sampaikan diatas, gotong royong tidak ada riwayat mengenai bacaan surat-surat khusus dalam shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dan surat-surat diatas tersebut merupakan surat al-qur'an yang sudah umum dibaca ketika melaksanakan shalat tarawih dikalangan warga nahdiyyin khususnya untuk shalat tarawih 20 raka'at.


Sumber Referensi :
#http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,9976-lang,id-c,ubudiyah-t,Shalat+Tarawih+20+Rakaat-p,3-.phpx
#http://rumaysho.com/shalat/tuntunan-lain-dalam-shalat-tarawih-450.html


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.