loading...

Doa Minta Maut Saat Sakit Atau Terkena Musibah. Bolehkah? - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Doa Minta Maut Saat Sakit Atau Terkena Musibah. Bolehkah?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Doa Orang Sakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Doa Minta Maut Saat Sakit Atau Terkena Musibah. Bolehkah?
link : Doa Minta Maut Saat Sakit Atau Terkena Musibah. Bolehkah?

Baca juga


Doa Minta Maut Saat Sakit Atau Terkena Musibah. Bolehkah?

Kumpulan Doa Islami - Ketika kita sedang diuji terkena petaka dan/atau sakit berkepanjangan, mungkin ada sebagian orang yang ingin segera dicabut nyawanya dengan cara berdoa memohon kepada Allah SWT supaya segera meninggal dunia dan bahkan yang lebih parah yaitu melaksanakan agresi nekad bunuh diri. Lantas, apakah diperbolehkan memohon doa minta kematian? Tentu hal ini tidak layak bagi seorang muslim dan sangat dilarang.

Rasulullah SAW bersabda,

لَا يَتَمَنَّى أَحَدُكُمْ الْمَوْتَ وَلَا يَدْعُ بِهِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَهُ إِنَّهُ إِذَا مَاتَ أَحَدُكُمْ انْقَطَعَ عَمَلُهُ وَإِنَّهُ لَا يَزِيدُ الْمُؤْمِنَ عُمْرُهُ إِلَّا خَيْرًا
Artinya :
"Janganlah seseorang mengharapkan janjkematian dan janganlah ia berdoa untuk mati sebelum tiba waktunya. Karena orang yang mati itu amalnya akan terputus, sedangkan umur seorang mukmin tidak akan bertambah melainkan menambah kebaikan.” (HR. Muslim no. 2682)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Ustaimin rahimahullah menjelaskan,

والنهي هنا للتحريم؛ لأن تمني الموت فيه شيء من عدم الرضا بقضاء الله، والمؤمن يجب عليه الصبر
"Larangan di sini ialah haram (bukan makruh, pent), alasannya ialah berangan-angan supaya mati ialah perbuatan tidak ridha dengan takdir Allah. Seorang mukmin wajib bersabar dengan takdir Allah.”

Yang benar, jikalau menyerahkannya kepada Allah. Kita berdoa sebagaimana yang diajarkan berikut ini, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
لَا يَتَمَنَّيَنَّ أَحَدُكُمْ الْمَوْتَ لِضُرٍّ نَزَلَ بِهِ فَإِنْ كَانَ لَا بُدَّ مُتَمَنِّيًا فَلْيَقُلْ
Artinya : “Janganlah seseorang di antara kalian mengharapkan janjkematian alasannya ialah tertimpa kesengsaraan. Kalaupun terpaksa ia mengharapkannya, maka hendaknya ia berdoa,
اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مَا كَانَتْ الْحَيَاةُ خَيْرًا لِي وَتَوَفَّنِي إِذَا كَانَتْ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِي
Artinya :
"Ya Allah, berilah saya kehidupan apabila kehidupan tersebut memang lebih baik bagiku dan matikanlah saya apabila janjkematian tersebut memang lebih baik untukku.” (HR. Al-Bukhari no. 5671 dan Muslim no. 2680)

Hendaknya kita jangan berangan-angan janjkematian dan berpikir jangan dengan ucapan “seandainya” untuk berangan-angan menentang takdir Allah. Rasulullah SAW bersabda:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلاَ تَعْجِزْ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلاَ تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا؛ وَلَكِنْ قُلْ: قَدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ؛ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ
Artinya :
“Bersungguh-sungguhlah engkau dalam melaksanakan apa yang bermanfaat untuk dirimu, mintalah derma kepada Allah, dan jangan malas. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau mengatakan, ‘Seandainya saya berbuat demikian, tentu akan demikian dan demikian.’ Akan tetapi, katakanlah, ‘Ini ialah takdir Allah dan apa yang Allah kehendaki niscaya akan terjadi.’ Adapun kata ‘seandainya’ akan membuka pintu bagi setan (agar engkau tidak mendapatkan takdir).” (HR. Muslim)

Jika kita merasa gundah gulana terhadap petaka yang terjadi. Sebaiknya yakin dengan takdir Allah, insyaAllah ada hikmahnya dan ada kebaikannya. Lebih baik ia membaca doa yang diajarkan dalam islam untuk menghilangkan gundah gulana dan tentu dengan berusaha meyakini takdir Allah yang terbaik

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang tertimpa rasa gundah, sedih, kemudian ia mengucapkan:
اللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ

Dengan membaca doa tersebut, Insya Allah kegunadahan dan kesediahannya akan menjadi ketenangan dan kebahagiaan.



Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.