loading...

Bacaan Doa Saat Sujud Syukur - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bacaan Doa Saat Sujud Syukur, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Doa-doa Khusus, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Bacaan Doa Saat Sujud Syukur
link : Bacaan Doa Saat Sujud Syukur

Baca juga


Bacaan Doa Saat Sujud Syukur

Sujud syukur yakni ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita. Mensyukuri nikmat yang Allah berikan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara. Salah satunya yaitu dengan sujud syukur. Dengan demikian, sujud syukur merupakan perwujudan dari ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Allah SWT dalam rangka mencapai rida-Nya.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang melaksanakan sujud syukur, contohnya alasannya mendapat kenikmatan, mendapat rezeki yang melimpah, terhindar dari kecelakaan dan lain sebagainya, yang mana dengan insiden tersebut menciptakan seseorang itu menjadi sangat senang, senang dll.

Berikut yakni dalil wacana sujud syukur :

عن ابى بكرة انّ النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم كان إذاأتاه أمر يسرّه أوبشرى خرّ ساجدا شكرالله
Artinya :
"Dari Abu Bakrah: Bahwa Nabi Muhammad saw. apabila tiba kepada dia sesuatu yang menggembirakan, atau kabar suka, dia terus sujud semata-mata berterima kasih kepada Allah." (HR. Abu Daud)
 yakni ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang di Bacaan Doa Ketika Sujud Syukur
Ilustrasi: Sujud Syukur

Adapun untuk bacaan dikala sujud syukur yaitu sama menyerupai bacaan sujud dikala sholat, yaitu :

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
Setelah membaca doa diatas, sanggup juga ditambahkan dengan bacaan doa apapun yang kita kehendaki, contohnya bacaan doa berikut ini :

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Artinya :
"Ya Tuhanku, berilah saya petunjuk biar saya sanggup mensyukuri nikmat- Muyang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan biar saya sanggup berbuat kebajikan yang Engkau ridai, dan berilah saya kebaikan yang akan mengalir hingga kepada anak cucuku. Sungguh saya bertaubat kepada Engkau dan sungguh saya termasuk orang muslim." (Q.S. Al-Ahqaf: 15)



Itulah lafadz doa dikala sujud syukur yang sanggup kita amalkan. Perlu diketahui, sujud syukur tidak disyaratkan menghadap kiblat, juga tidak disyaratkan dalam keadaan suci alasannya sujud syukur bukanlah shalat. Namun hal-hal tadi hanyalah disunnahkan saja dan bukan syarat. Demikian pendapat yang dianut oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah yang menyelisihi pendapat ulama madzhab. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas apa yang dikaruniakan oleh Allah SWT. Amin.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.