loading...

Doa Nabi Ibrahim Dikala Dibakar Api Tidak Mempan - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Doa Nabi Ibrahim Dikala Dibakar Api Tidak Mempan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Doa Para Nabi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Doa Nabi Ibrahim Dikala Dibakar Api Tidak Mempan
link : Doa Nabi Ibrahim Dikala Dibakar Api Tidak Mempan

Baca juga


Doa Nabi Ibrahim Dikala Dibakar Api Tidak Mempan

Kumpulan Doa Islami - Salah satu mukjizat Nabi Ibrahim yaitu tidak mempan saat dibakar api yang sangat panas. Nabi Ibrahim dibakar dalam api yang menyala-nyala sesudah menghancurkan berhala-berhala yang disembah oleh ayah dan kaumnya.

Di dalam Kitab Suci Al-Quran diterangkan; sebelum mengkremasi Ibrahim, Raja Namrudz memerintahkan kaumnya untuk mendirikan sebuah bangunan yang tinggi yang bertujuan supaya semua rakyatnya mengetahui perihal bencana pembakaran ini.
قَالُوا ابْنُوا لَهُ بُنْيَانًا فَأَلْقُوهُ فِي الْجَحِيمِ
“Mereka berkata, “Dirikanlah sebuah bangunan untuk (membakar Ibrahim), kemudian lemparkanlah beliau kedalam api yang menyala-nyala itu.” (QS. As-Shaffat : 97).

mukjizat Nabi Ibrahim yaitu tidak mempan saat dibakar api Doa Nabi Ibrahim Ketika Dibakar Api Tidak Mempan
Ilustrasi: Api Menyala-nyala

Maka, sesudah semuanya lengkap, mereka pun kemudian memasukan Ibrahim kedalam api yang panas. Semua orang mengira Ibrahim akan terbakar dan hangus didalamnya. Akan tetapi Allah menyebabkan api itu hambar dan tidak bisa mengkremasi Nabi Ibrahim a.s.

Dilansir dari Kumpulan Doa Mustajab, bahwa saat Nabi Ibrahim diletakkan di atas tungku api, Jibril bertanya kepada Nabi Ibrahim, “Apakah engkau memerlukan sesuatu pinjaman dariku?" Nabi Ibrahim lantas menjawab, “Aku tidak memerlukan apa-apa pinjaman darimu.. Aku hanya memerlukan pinjaman dari Allah”

Kemudian Nabi Ibrahim menyebut kalimat atau berdoa. Dan berikut yaitu kalimat doa Nabi Ibrahim saat dibakar :

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
Artinya :
"Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah yaitu Sebaik-baik Pelindung"

Dan dengan izin serta pinjaman Allah SWT, api yang sangat besar dan panas yang sedang mengkremasi badan Ibrahim itu tidak bisa membinasakannya, alasannya api tersebut menjadi hambar dan menyelamatkan Nabi Ibrahim.

Allah SWT berfirman:
قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ
Artinya :
Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim". (QS. Al Anbiyaa' : 69)

Doa "HASBUNALLAH WA NI'MAL WAKIIL" juga merupakan salah satu doa atau kalimat yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW saat perang badar, dan kemudian Allah SWT menunjukkan kemenangan kepada Baginda Rasul.

Firman Allah SWT:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
Artinya :
(Yaitu) orang-orang (yang menta'ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya insan telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, alasannya itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah yaitu sebaik-baik Pelindung". (QS Ali 'Imran:173).

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari ibn abas, yang artinya :
”Hasbunallah wa ni’mal wakiil (Cukuplah Allah bagi kami, dan ia yaitu sebaik-baik daerah menyerahkan diri), di ucapkan oleh Ibrahim saat ia di lemparkan ke dalam api, dan juga oleh muhammad saw. Sewaktu ia mendengar gosip : Orang-orang itu sungguh telah menghimpuh tentara buat memerangimu” (HR . Bukhari)

Itulah Kalimat Doa Nabi Ibrahim saat Dibakar yang juga diamalkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW saat Perang Badar, yakni "HASBUNALLAH WA NI'MAL WAKIIL (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah yaitu sebaik-baik Pelindung)" . dan dengan kalimat tersebut, Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari Panasnya Api serta memberi kemenangan bagi Nabi Muhammad saat Perang Badar.

Maka dari itu, saat kita sedang dalam kesusahan, kepayahan marilah kita dekatkan diri kepada Allah SWT dengan amalan-amalan baik, puasa, dzikir, sholat, membaca Al-Qur'an serta berdoa. Kalimat "HASBUNALLAH WA NI'MAL WAKIIL" anggun kita jadikan sebagai amalan, kerana ia bisa menenangkan jiwa dan menyejukkan hati. 

Sumber Referensi :
* Kumpulan Doa Mustajab
* Kolom Doa


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.