loading...

Doa Qunut Tarawih Sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Doa Qunut Tarawih Sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bacaan dalam Sholat, Artikel Doa Sholat, Artikel Gema Ramadhan, Artikel Sholat Sunah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Doa Qunut Tarawih Sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan
link : Doa Qunut Tarawih Sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan

Baca juga


Doa Qunut Tarawih Sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan

Kumpulan Doa Islami - Membaca doa qunut witir sesudah sholat tarawih atau qunut tarawih sesudah witir dibaca saat memasuki pertengahan bulan ramadhan yaitu tanggal 15 ramadhan hingga final ramadhan. Adapun aturan qunut witir pada sholat tarawih yakni sunnah, namun para ulama berbeda pendapat ihwal waktu disyariatkannya pada shalat witir. Ada yang beropini sepanjang tahun, selama bulan Ramadhan, dan pada semenjak pertengahan Ramadhan hingga akhir.

Ringkasnya, bahwa di bulan Ramadhan pada shalat tarawihnya dianjurkan untuk berqunut pada witirnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ubay bin Ka’ab, sebetulnya Rasulullah SAW shalat witir kemudian qunut sebelum Ruku’. (Dihassankan Syaikh Al-Albani)

Sedangkan untuk bacaan doa qunut tarawih sesudah sholat witir secara umum sama dengan bacaan doa qunut sholat subuh. 

 dibaca saat memasuki pertengahan bulan ramadhan yaitu tanggal  Doa Qunut Tarawih sesudah Witir Selama Pertengahan Ramadhan
Ilustrasi: Sholat Witir Berjama'ah di Pertengahan Ramadhan
 Disebutkan oleh Al-Tirmidzi, sebetulnya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengajari Al-Hasan Radhiyallahu 'Anhu doa dalam qunut. Dan diriwayarkan pula oleh Al-Tirmidzi dan Ahmad serta yang lainnya, Al-Hasan bin Ali Radhiyallahu 'Anhuma berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengajariku beberapa kalimat yang saya baca dalam qunut witir: 

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
Artinya :
“Ya Allah berilah saya petunjuk bersama orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah saya keafiatan bersama orang-orang yang telah Engkau beri keafiatan. Lindungi saya bersama orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berkahilah saya dalam apa yang Engkau telah berikan kepadaku. Selamatkanlah saya dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menetapkannya dan tidak lah Engkau dikenai ketetapan itu. Sesungguhnya tidak akan terhina orang yang Engkau cintai. Maha suci dan Mahatinggi Engkau, Wahai Rabb kami.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, Al-Nasai, dan Ibnu Majah. Dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 426)

Membaca doa qunut witir sesudah tarawih di pertengahan ramadhan juga merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan di zaman Umar bin Khatab. Qunut ini dilakukan saat i'tidal atau sesudah bangkit dari rukuk. Abdurrahman bin Abdul Qori menceritakan kebiasaan shalat jamaah tarawih di zaman Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, mereka qunut dengan membaca doa laknat untuk setiap orang kafir sesudah memasuki paruh Ramadhan.

Berikut yakni Bacaan Doa Qunut Witir yang dibaca saat zaman Umar Bin Khatab

اللَّهُمَّ قَاتِلِ الْكَفَرَةَ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ، وَلَا يُؤْمِنُونَ بِوَعْدِكَ، وَخَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمْ، وَأَلْقِ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ، وَأَلْقِ عَلَيْهِمْ رِجْزَكَ وَعَذَابَكَ، إِلَهَ الْحَقِّ
Artinya :
Ya Alllah, binasakanlah orang-orang kafir yang menghalangi insan dari jalan-Mu, mereka mendustakan para rasul-Mu, dan tidak beriman dengan janji-Mu. Cerai-beraikan persatuan mereka dan timpakanlah rasa takut di hati mereka, serta timpakanlah siksaan dan azab-Mu pada mereka, wahai sesembahan yang haq.

Setelah membaca doa di atas, kemudian mereka bersalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berdoa untuk kebaikan kaum muslimin semampunya, kemudian memohon ampunan untuk kaum mukminin.

Kemudian dilanjutkan membaca :

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ، وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ، وَنَرْجُو رَحْمَتَكَ رَبَّنَا، وَنَخَافُ عَذَابَكَ الْجِدَّ، إِنَّ عَذَابَكَ لِمَنْ عَادَيْتَ مُلْحِقٌ
Artinya :
Ya Allah, kami menyembah hanya kepada-Mu, hanya kepada-Mu kami shalat dan sujud, hanya untuk-Mu kami berusaha dan beramal, dan kami memohon rahmat-Mu, wahai Rabb kami. Kami pun takut kepada azab-Mu yang pedih. Sesungguhnya azab-Mu ditimpakan kepada orang yang Engkau musuhi.

Setelah selesai membaca doa di atas, kemudian mereka bertakbir dan turun sujud. (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya no. 1100; dikatakan pen-tahqiq-nya, “Sanadnya shahih.”)


Itulah sedikit klarifikasi ihwal Bacaan Doa Qunut Tarawih sesudah Witir di Pertengahan Ramadhan. Kaprikornus intinya, disunnahkan untuk membaca doa qunut witir di bulan ramadhan. Adapun untuk bacaan doa qunutnya bisa sesuai yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan juga yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah.

Sumber Referensi :
#http://www.konsultasisyariah.com/qunut-witir-setelah-pertengahan-ramadhan/
#http://www.voa-islam.com/read/ibadah/2013/07/23/25957/hukum-doa-qunut-witir-di-shalat-tarawih/#sthash.0zy4q98M.dpbs


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.