loading...

Hikmah Dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hikmah Dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hikmah, Artikel Puasa Sunah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Hikmah Dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud
link : Hikmah Dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud

Baca juga


Hikmah Dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud

Kumpulan Doa Islami - Pada halaman ini kami akan menyajikan seputar hikmah dan keutamaan puasa daud yang merupakan puasa paling baik dan mempunyai derajat paling tinggi dan puasa daud juga paling disukai oleh Allah SWT. Adapun lafadz niatnya sudah kami share pada artikel sebelumnya, 

Selain mengulas keutamaan dan pesan tersirat puasa daud, disini kami juga akan memaparkan aturan melaksanakan puasa sunnah daud ketika (kebetulan) bertemu dengan puasa sunnah lainnya, contohnya puasa senin kamis dan/atau puasa sunnah lain. Untuk selengkapnya, silakan eksklusif saja simak ulasannya berikut ini.

   Pada halaman ini kami akan menyajikan seputar  Hikmah dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud
Ilustrasi : Meme - Puasa Daud

Keutamaan Puasa Sunah Daud

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan padanya: 

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
Artinya :
Sebaik-baik shalat di sisi Allah ialah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah ialah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan dia shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya. (HR. Bukhari)
Dalam Riwayat lain dikatakan:
لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ
Artinya :
Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun alasannya sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata, “Hadits di atas secara tegas menunjukkan bahwa puasa Daud ialah sebaik-baiknya puasa. Bahkan puasa Daud lebih utama daripada puasa sepanjang tahun. Namun puasa Daud ini dilakukan oleh orang yang bisa dan tidak hingga melalaikan orang yang melaksanakan puasa ini dari masalah yang lebih penting.

Dari 'Abdullah bin 'Amru r.a., ia berkata,:

أُخْبِرَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - أَنِّى أَقُولُ وَاللَّهِ لأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ . فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « أَنْتَ الَّذِى تَقُولُ وَاللَّهِ لأَصُومَنَّ النَّهَارَ وَلأَقُومَنَّ اللَّيْلَ مَا عِشْتُ » قُلْتُ قَدْ قُلْتُهُ . قَالَ « إِنَّكَ لاَ تَسْتَطِيعُ ذَلِكَ ، فَصُمْ وَأَفْطِرْ ، وَقُمْ وَنَمْ ، وَصُمْ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ ، فَإِنَّ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا ، وَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ » . فَقُلْتُ إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ . قَالَ « فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمَيْنِ » . قَالَ قُلْتُ إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ . قَالَ « فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا ، وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَهْوَ عَدْلُ الصِّيَامِ » . قُلْتُ إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ . قَالَ « لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ »
Artinya :
Disampaikan kabar kepada Rasulullah saw. bahwa saya berkata; "Demi Allah, sungguh saya akan berpuasa sepanjang hari dan sungguh saya akan shalat malam sepanjang hidupku." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepadanya ('Abdullah bin 'Amru): "Benarkah kau yang berkata; "Sungguh saya akan berpuasa sepanjang hari dan sungguh saya niscaya akan shalat malam sepanjang hidupku?". Kujawab; "Demi bapak dan ibuku sebagai tebusannya, sungguh saya memang telah mengatakannya". Maka Beliau berkata: "Sungguh kau niscaya tidak akan sanggup melaksanakannya. Akan tetapi berpuasalah dan berbukalah, shalat malam dan tidurlah dan berpuasalah selama tiga hari dalam setiap bulan alasannya setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa dan itu menyerupai puasa sepanjang tahun." Aku katakan; "Sungguh saya bisa lebih dari itu, wahai Rasulullah". Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah selama dua hari". Aku katakan lagi: "Sungguh saya bisa yang lebih dari itu". Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan berbukalah sehari, yang demikian itu ialah puasa Nabi Allah Daud 'alaihi salam yang merupakan puasa yang paling utama". Aku katakan lagi: "Sungguh saya bisa yang lebih dari itu". Maka dia bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih utama dari itu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Pendapat Ulama perihal Puasa Daud

  • Ibnu Hazm mengatakan, “Hadits di atas menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari melaksanakan puasa lebih dari puasa Daud yaitu sehari puasa sehari tidak.”
  • Ibnul Qayyim Al Jauziyah mengatakan, “Puasa menyerupai puasa Daud, sehari berpuasa sehari tidak ialah lebih afdhol dari puasa yang dilakukan terus menerus (setiap harinya).”
  • Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Puasa Daud sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang bisa dan tidak merasa sulit ketika melakukannya. Jangan hingga ia melaksanakan puasa ini hingga membuatnya meninggalkan amalan yang disyari’atkan lainnya. Begitu pula jangan hingga puasa ini membuatnya terhalangi untuk berguru ilmu agama. Karena ingat, di samping puasa ini masih ada ibadah lainnya yang mesti dilakukan. Jika banyak melaksanakan puasa malah menciptakan jadi lemas, maka sudah sepantasnya tidak memperbanyak puasa. ...

Manfaat Puasa Daud bagi Kesehatan

Banyak jago kesehatan yang mengemukakan perihal manfaat puasa untuk kesehatan termasuk Puasa Daud. Hasil dari penelitian para jago tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :
  1. Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Akadi, berpuasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit alasannya fungsi sel limfa menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limfosit T.
  2. Menurut Alvenia M. Fulton, manfaatdari berpuasa ialah bisa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa juga bisa mempercantik perempuan secara alami alasannya bisa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk tubuh menjadi lebih indah
  3. Menurut Jalal Saour, berkurangnya cairan dikala berpuasa bisa menurunkan kerja jantung, sehingga mencegah penggumpalan darang sebagai salah satu penyebab penyakit jantung
  4. Menurut Allana Scott, berpuasa mempunyai manfaat merasa lebih baik secara fisik dan mental, merasa lebih muda, membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi dan memperlambat proses penuaan dini.
  5. Menurut Dr. Yuri Nikolayev, berpuasa mempunyai khasiat menciptakan seseorang menjadi abadi muda secara fisik, mental dan spiritual

Puasa Daud Ketika Bertemu Hari-Hari Puasa Sunnah Lain

Dalam mempraktekkan puasa Daud seorang muslim harus memperhatikan hadits-hadits dan hukum-hukum agama yang lainnya. Misalnya ketika memasuki Bulan Ramadlan, maka dengan niscaya dia mustahil sanggup melaksanakan puasa Dawud, alasannya dia harus berpuasa Ramadlan yang hukumnya fardlu dan dilarang berniat dengan puasa yang lainnya, baik yang sunnah maupun yang fardlu yang lainnya, menyerupai puasa nadzar, misalnya:
  1. Jika bertemu hari yang diharamkan.
    Ketika memasuki hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa, sudah dengan niscaya dia sama sekali dilarang melaksanakan puasa pada hari itu, menyerupai dua hari raya dan hari-hari tasyriq. Dia harus meninggalkan puasa pada hari-hari itu. Dia dilarang berpuasa dengan alasan melaksanakan puasa Daud..
  2. Saat berhaji.
    Ketika contohnya dia melaksanakan ibadah haji, maka pada hari Arafah dia justru disunnahkan untuk tidak berpuasa ketika sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Mengapa ? Karena itulah petunjuk Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan itulah yang dilakukan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika dia melaksanakan ibadah haji. Tidak alasannya berprinsip melaksanakan puasa Dawud, lalu dia tetap berpuasa pada hari itu, alasannya hari itu ialah pas hari giliran untuk bepuasa bagianya. Demikian seterusnya. Kita harus memperhatikan hadits-hadits dan dalil-dalil yang lainnya. Tidak hanya mengambil sebuah hadits, lalu mengesampngkan hadits-hadits yang lainnya, atau bahkan mencampakkannya sama sekali.
  3. Puasa Daud Meliputi puasa sunnah yang lain.
    Karena secara teori puasa jenis ini ialah puasa yang terbaik, maka tidak apa-apa baginya jikalau tidak berpuasa pada hari-hari yang disunnahkan yang lainnya, menyerupai puasa hari senin dan kamis, puasa hari Arafah, Hari ‘Asyura’ dan lain-lain. Karena dia telah melaksanakan yang terbaik, maka puasa Dawud baginya telah mencukupi semua puasa sunnah yang lainnya. Itu makna puasa Dawud sebagai puasa yang terbaik.
Itulah Hikmah dan Keutamaan Puasa Sunnah Daud yang sanggup kami share. Dari uraian-uraian tersebut diatas, sanggup kita ambil kesimpulan bahwa puasa sunnah yang paling baik ialah pausa daud. Namun kita harus besar lengan berkuasa secara mental maupun fisik untuk melaksanakan puasa ini, alasannya puasa daud dilakukan sepanjang tahun dengan cara hari ini puasa, besok tidak puasa, keesokan harinya puasa lagi dan keesokannya tidak puasa, begitu juga seterusnya (Selang-seling).


Jika ingin melaksanakan puasa daud, setidaknya atau minimal kita sudah terbiasa melaksanakan puasa senin kamis, sehingga ketika puasa daud sudah menyerupai menjadi biasa dan mudah. 


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.