loading...

Kultum Ramadhan Singkat, Pendek Wacana Amalan Utama Di Bulan Pahala - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kultum Ramadhan Singkat, Pendek Wacana Amalan Utama Di Bulan Pahala, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ceramah Pidato, Artikel Gema Ramadhan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Kultum Ramadhan Singkat, Pendek Wacana Amalan Utama Di Bulan Pahala
link : Kultum Ramadhan Singkat, Pendek Wacana Amalan Utama Di Bulan Pahala

Baca juga


Kultum Ramadhan Singkat, Pendek Wacana Amalan Utama Di Bulan Pahala

Kumpulan Doa Islami - Pada teladan kultum ramadhan yang pendek dan singkat ini, kami akan mengangkat tema "6 Amalan Utama di Bulan Ramadhan". Seperti diketahui, salah satu hal penting yang perlu kita pahami yaitu mengisi waktu di bulan bulan rahmat yang penuh berkah ini, sehingga tidak berlalu sia-sia tanpa makna. Untuk itu kita isi bulan yang penuh maghfirah ini dengan amalan-amalan yang berharga.

Apa sajakah ke enam amalan tersebut? Untuk selengkapnya akan kami paparkan dibawah ini sebagai rujukan buat kita semua khususnya yang akan mengisi program kultum ramadhan, seperti kultum menunggu buka puasa, kultum sebelum shalat tarawih, kultum sehabis tarawih dan/atau kultum ramadhan sehabis sholat subuh, dll.


 salah satu hal penting yang perlu kita pahami yaitu mengisi waktu di bulan bulan rahmat yang  Kultum Ramadhan Singkat, Pendek perihal Amalan Utama di Bulan Puasa
Ilustrasi: Kultum Ramadhan Singkat


Berikut yaitu Contoh Kultum Singkat Bulan Ramadhan. Setidaknya ada enam amalan utama yang sanggup kita maksimalkan selama bulan Ramadan, diantaranya yaitu;
  1. Membaca Alquran.
    Rasulullah Muhammad SAW bersabda, sebagaimana hadis dengan kualitas `hadis hasan dan sahih’ yang diriwayatkan Ibnu Masud: Barang siapa yang membaca satu abjad dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak menyampaikan Alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR At-Tirmizi).

    Quran diturunkan pada bulan Ramadan. Maka tak heran kalau Rasulullah lebih sering dan lebih banyak membaca Quran pada bulan rahmat dibanding bulan ain.
  2. Memperbanyak Sedekah.
    Islam yaitu agama yang mengajak dan menganjurkan orang untuk suka memberi, berbuat kebaiakan, dan mengamalkan kebajikan.

    Allah SWT berfirman dalam surah Albaqarah, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah menyerupai sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui (QS 2:261).”

    Sebuah hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan kemurkaan Allah dan menolak kejelekan (HR At-Tirmizi).”

    Dalam hadis lain disebutkan, “Rasullulah SAW yaitu orang yang paling gemar memberi (pemurah) dan kedermawanannya itu sangat menonjol pada bulan Ramadan. Ketika malaikat jibril menerimanya di setiap malam selama Ramadan, maka ia mengajaknya untuk men-tadabburi Alquran. Sungguh Rasulullah ketika ditemui malaikat jibril lebih gemar memberi daripada angin yang berembus. (HR Bukhari dan Muslim).”
  3. Memberi buka kepada orang yang berpuasa.
    Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa, sebagaimana orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala dari orang yang berpuasa (HR Ahmad dan An-Nasa’i).”
  4. Melaksanakan Qiyamul Lail.
    Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menjalankan qiyamu bulan rahmat alasannya beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah kemudian akan diampuni.” (HR Bukhari).
  5. Melaksanakan Ibadah Umrah.
    Rasulullah SAW bersabda, “Umrah pada bulan rahmat sama dengan haji. Atau dikatakan, `Haji bersamaku’.” (HR Bukhari-Muslim).
  6. Mencari Lalaitul Qadr.
    Malam Lailatul Qadr yaitu malam ganjil pada sepuluh malam terakhir Ramadan. Bilangan malam tersebut yaitu saat-saat dimana kita menuggu kedatangan Laitul Qadr. Maka gapailah salah satu malam di bulan rahmat yang lebih baik dari malam seribu bulan.


Itulah 6 Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang sanggup kita tingkatkan semaksimal mungkin di bulan yang penuh barokah ini. Demikian yang sanggup kami sampaikan pada pertemuan kali ini, agar bermanfaat bagi para pembaca semua. Dan tidak lupa kami  mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan, agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amien.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.