loading...

PRINSIP UTAMA SISTEM KEUANGAN SYARIAH - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PRINSIP UTAMA SISTEM KEUANGAN SYARIAH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel EKONOMI ISLAM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : PRINSIP UTAMA SISTEM KEUANGAN SYARIAH
link : PRINSIP UTAMA SISTEM KEUANGAN SYARIAH

Baca juga


PRINSIP UTAMA SISTEM KEUANGAN SYARIAH

Sistem keuangan merupakan tatanan perekonomian yang berperan pada berbagai aktivitas jasa keuangan dalam suatu Negara yang diselenggarakan oleh Lembaga Keuangan. Sistem Keuangan yang sesuai dengan Prinsip Syariah memiliki 2 prinsip utama (Andri Soemitra - Bank & Lembaga Kuangan Syariah ; 19), yaitu ; Prinsip Syar’i, dan Prinsip Tabi’i.

Prinsip Syar’i merupakan prinsip yang diambil dari sumber-sumber hukum syariah yaitu Qur’an, Sunnah dan Ijtihad Ulama (ijma, qiyas, dan lainnya). Sementara, Prinsip Tabi’i merupakan prinsip yang diperoleh dari pengalaman dan hasil akal fikir manusia dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi keuangan dan bisnis yang dihadapi. 

Prinsip Syar’i meliputi ; kebebasan bertransaksi, kesetaraan dalam transaksi, keadilan dan saling menguntungkan (lawan dari kedzaliman), tranparansi informasi (lawan dari asimetri informasi), kemaslahatan transaksi dan objek transaksi termasuk terhadap pihak ketiga, bebas judi, bebas riba, bebas dari ketidakjelasan kualitas, kuantitas dan mekanisme transaksi, bebas dari paksaan, bebas dari manipulasi kualitas, kuantitas dan mekanisme transaksi serta implementasi terhadap zakat.

Prinsip Tabi’i meliputi ; tata kelola keuangan dan bisnis yang baik, pengendalian dan pengelolaan terhadap risiko keuangan dan bisnis, kehati-hatian dalam penyelenggaraan aktivitas keuangan dan bisnis, sensitivitas terhadap pasar yang selalu berkembang dinamis dan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan kegiatan keuangan dan bisnis.

Sharia Business Intelligence (SBI)
18 Desember 2017






Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.