loading...

Doa Mohon Kebijaksanaan Pekerti Yang Luhur Atau Baik - Hallo sahabat Pahala Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Doa Mohon Kebijaksanaan Pekerti Yang Luhur Atau Baik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Doa Anak Sholeh, Artikel Doa Sehari-hari, Artikel Doa Suami Istri, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Doa Mohon Kebijaksanaan Pekerti Yang Luhur Atau Baik
link : Doa Mohon Kebijaksanaan Pekerti Yang Luhur Atau Baik

Baca juga


Doa Mohon Kebijaksanaan Pekerti Yang Luhur Atau Baik

Secara umum Budi Pekerti berarti moral dan kelakuan yang baik dalam menjalani kehidupan. Ini merupakan tuntunan moral yang paling penting untuk orang Jawa tradisional. Budi Pekerti yaitu induk dari segala etika ,tatakrama, tata susila, sikap baik dalam pergaulan , pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Pertama-tama kecerdikan pekerti ditanamkan oleh orang bau tanah dan keluarga dirumah, lalu disekolah dan tentu saja oleh masyarakat secara pribadi maupun tidak langsung.

Budi Pekerti yang memiliki arti yang sangat terang dan sederhana, yaitu : Perbuatan( Pekerti) yang dilandasi atau dilahirkan oleh Pikiran yang jernih dan baik ( Budi).

Dengan definisi yang teramat gamblang dan sederhana dan tidak muluk-muluk, kita semua dalam menjalani kehidupan ini semestinya dengan gampang dan cendekia sanggup mendapatkan tuntunan kecerdikan pekerti. Budi pekerti untuk melaksanakan hal-hal yang patut, baik dan benar.Kalau kita berbudi pekerti, maka jalan kehidupan kita paling tidak tentu selamat, sehingga kita sanggup berkiprah menuju ke kesuksesan hidup, kerukunan antar sesama dan berada dalam koridor sikap yang baik.

Sebaliknya, jikalau kita melanggar prinsip-prinsip kecerdikan pekerti, maka kita akan mengalami hal-hal yang tidak nyaman, dari yang sifatnya ringan, menyerupai tidak disenangi/ dihormati orang lain, hingga yang berat menyerupai : melaksanakan pelanggaran aturan sehingga sanggup dipidana.



Berikut yaitu bacaan doa mohon kecerdikan pekerti yang baik / luhur

اَللهُمَّ اهْدِنِى ِلاَحْسَنِ اْلأَخْلاَقِ فَاِنَّهُ لاَيَهْدِى ِلاَحْسَنِهَا اِلاَّ اَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَهَا فَاِنَّهُ لاَيَصْرِفُ سَيِّئُهَا اِلاَّ اَنْتَ
Artinya :
Wahai Tuhanku, tunjukkanlah kepadaku sebaik-baik kecerdikan pekerti, alasannya yaitu bergotong-royong tidak ada yang menunjukkannya kecuali hanya Engkau. Dan palingkanlah saya dari kecerdikan pekerti yang jelek, alasannya yaitu bergotong-royong tidak ada yang memalingkannya kecuali hanya Engkau.

Teman-teman, itulah bacaan doa mohon kecerdikan pekerti yang luhur. Esensi Budi Pekerti, secara tradisional mulai ditanamkan semenjak masa kanak-kanak, baik dirumah maupun disekolah, lalu berlanjut dalam kehidupan dimasyarakat.


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.